Minggu, 08 Februari 2015

MEMBIKIN MUSIK SENDIRI



Hampir setiap hari telinga kita menangkap suara musik, mendengarkan lagu, baik sengaja atau tidak sengaja, melalui player, radio, tv, bahkan nada dering dari ponsel kita sendiri. Bisa dipastikan pula bahwa hampir semua orang menyukai musik, mulai dari lagu daerah, tradisonal hingga yang kontemporer dan berbagai genre / aliran musik sesuai selera dengar masing-masing. Tidak sedikit pula dari kita yang mampu menyanyi dan memainkan alat musik, lagu-lagu kesukaan dari artis idola.
Selanjutnya, pernahkah kita berpikir tentang proses membuat dan merekam lagu / musik itu sendiri? Pastilah yang terbayang adalah seperangkat alat musik dan sebuah ruang studio rekaman dengan berbagai alat pendukungnya.
Hal tersebut memang benar, tapi, dengan semakin berkembangnya jaman, peradaban dan tehnologi, apa-apa yag terbayang tersebut bisa saja kita hadirkan di rumah kita sendiri atau di kamar sendiri melalui sebuah laptop atau komputer kita.
Tanpa bermaksud mempromosikan produk dari pabrikan software komputer, penulis akan bertular sedikit pengalaman tentang proses membikin musik melalui sebuah software yang bernama fruityloops studio (FL studio).


Fruityloops merupakan produk software dari negri Belgia, mulai banyak diminati dan digunakan sejak th 1998, di dalamnya sudah dilengkapi macam-macam instrumen musik dan aksesoris pendukungnya selayaknya sebuah studio musik.
Fitur-fiturnya juga cukup lengkap, mulai dari recording&editing, sequencing, mixing, hingga mastering. 




Hasil akhirnya bisa disimpan beberapa format audio seperti .wav .mp3 midi ataupun menyimpan projectnya dalam bentuk file project (.flp)
Jadi, bukan sesuatu yang mustahil bagi kita untuk bisa berkreasi membikin karya musik di rumah sendiri, di senggang aktivitas rutin yang kita jalani.
Selamat bereksperimen, semoga bermanfaat.














1 komentar: