Minggu, 08 Februari 2015

MUSIK MINUS ONE

Pernah mendengar istilah musik minus one kan? Apa sih musik minus one itu? Minus one kalau kita artikan secara harfiah berarti kurang satu. Nah, lantas apanya yang kurang satu? Jadi di dalam sebuah musik minus one, pasti ada satu sesi/bagian yang kurang. Bisa jadi itu vokalnya yang nggak ada (minus vokal), atau drumnya yang nggak ada (minus drum/drumless), atau gitarnya yang nggak ada (minus guitar/guitarless), atau bassnya yang nggak ada (minus bass/bassless), atau keyboardnya yang nggak ada. Jadi kurang satu, sesuai dengan namanya minus one.
Biasanya musik minus one itu dipakai buat latihan, atau untuk pemusik yang ingin perform di panggung tanpa diiringi oleh pemusik lainnya atau tanpa band pengiring. Main musik tanpa band pengiring seringkali juga disebut dengan istilah main musik pakai backingtrack.
Contoh gampang dari minus one adalah lagu-lagu karaoke. Itu juga disebut dengan musik minus one, karena vokalnya yang nggak ada atau dikosongkan untuk sesi vokalnya.
Berarti, boleh jadi tempat-tempat karaoke itu kita sebut saja sebagai rumah minus one, hehe…
Lalu, apa pentingnya kita ulas tentang musik minus one itu sendiri?
Buat yang hobby main musik, sesuai paparan tentang fungsi dan manfaat musik minus one di atas jika kita selaraskan dengan kondisi dan situasi kita, dengan berbagai aktivitas rutin yang harus dijalani, maka musik minus one bisa kita manfaatkan sebagai media penyaluran hobby bermain musik meski tanpa band atau bernyanyi sesuai kemampuan kita, dimana di situ kita bisa ambil bagian mengisi sesi instrument atau vocal yang dikosongkan.
Pernah suatu ketika ada perhelatan para gitaris yang saling unjuk kebolehan memainkan gitarnya tanpa diiringi band pengiring, melainkan diback-up oleh musik minus one atau backingtrack.
Untuk mendapatkan koleksi musik minus one itu sendiri bisa kita beli koleksi cd backingtrack, cd karaoke atau hunting via internet, seperti yang penulis lakukan, semisal jika kita melalui pencarian google ketik saja misalnya …dreamtheatre, metropolis (drumless backingtrack)…, artinya yang dicari adalah lagunya dreamtheatre berjudul metropolis yang versi tanpa drum, dan lain sebagainya.

Kesimpulannnya, buat penghobby main musik dan menyanyi nggak perlu lagi khawatir atau galau hanya gara-gara nggak bisa menyalurkan hobby bermain musik karena nggak punya band atau nggak sempat ngeband karena padatnya rutinitas. Cukup kita koleksi minus one saja, lalu kita bernyanyi dan main musik seasik-asiknya.



1 komentar:

  1. Melody Envy Music :

    Pembuatan Lagu (Instrumental)

    Produce Compose Arransement Record Mixing Mastering Customizable International Standart

    For Singing Solo & Group/Band/Perform/Practice/Covers/Lomba/Religi/Gereja/Opera/Musical Drama/Daerah/Kids/Adverts/Promo/Music Course/Karaoke/Movies Soundtrack/Event

    For DJ/Singers/Vionist/Saxophonist/Pianist/Fluetist/Guitarist/DrumersFor Personals/Firm/Company/Labels/Goverments

    ---Legals License & Copyright RespectJust For Perform & Practice OnlyNot For Release Song Purpose Except You Owner Of Song---

    Anysong Indo & Mancanegara
    All Genres :
    Pop Ballad Acoustic Country Orchestral Classic Religi Jazz RnB Dance Hip Hop Dangdut Latin Rock Metal Easy Listening Kpop Jpop Cpop Reggae Cha Cha
    Trance (EDM/Electronic Dance Music,Dubstep,Bootleg,Uplifting,HeadBanger,Industrial,Progressive,Euro,House,HardStyle,Psychedelic,Trap,Others...)

    Professional Retake Studio HQ
    Murah Cepat & Hasil Sesuai Keinginan

    Ready Urgent
    Untuk Info Order
    24/7 Open
    Contact :
    087864506060

    Silahkan Dicatat Agar Mudah Saat Dibutuhkan

    Sample Download (Harus Melalui Komputer Jangan Di HP) :

    http://www.mediafire.com/folder/atrpcb0f5lo06/Melody_Envy_Music_Sample_Songs

    Thanks!!!

    BalasHapus